Nama : Kelpin
Dwi Amanda
NIM :
01010582024138
Kelas : 5A4
D3 Akuntansi
Matkul : Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
TUGAS 1 – PROSES BISNIS
No. |
Proses Bisnis |
Keputusan Penting |
Kebutuhan Informasi |
1 |
Perolehan
Bangunan dan Peralatan |
Ukuran
bangunan Sewa atau beli Lokasi |
Untuk tempat
usahanya beliau membuka kos-kosan dengan berbagai ukuran kamar, diantaranya 6x5,
4x5, 3x4, 3x3, yang didirikan di atas tanahnya sendiri, yang beralamatkan di Lorong
Keluarga, RT.050/RW.010, Demang Lebar Daun, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang,
Sumatera Selatan 30131. |
2 |
Iklan dan
Pemasaran |
Media mana
yang dipilih Strategi
Promosi Pemberian
Informasi |
Dalam
pemasaranya pemilik kos sudah
menggunakan media sosial seperti instagram serta telah melakukan kerja sama
dengan beberapa pihak seperti Mamikos
dan beberapa aplikasi pencari kos lain yang dapat ditemukan di internet serta
membuat info lokasi kos di Google Map |
3 |
Menagih
pembayaran dari pelanggan |
Bagaimana
menangani penerimaan kas Bagaimana jika
telat membayar |
Dalam
menangani penerimaan kas, pemilik kos sudah menggunakan pembayaran secara
digital sebagai media pembayarannya dan bisa dibayar melalui aplikasi dan
juga tunai, namun untuk mengolah pembukuan pemilik kos masih menggunakan
metode manual. Bagi yang telat membayar akan dikenakan denda sebesar
20.000/hari |
TUGAS 2 – SIKLUS TRANSAKSI
No. |
Siklus Transaksi |
Aktivitas Utama dalam Siklus |
1 |
Pendapatan |
Menerima dan
menjawab pertanyaan penyewa Melakukan
pelayanan jasa laundry Menerima
pembayaran dari penyewa Mengirimkan
hasil laundry ke penyewa |
2 |
Pengeluaran |
Membeli seluruh
keperluan penyewa Menerima jasa
dan menyelesaikan laporan penerimaan Membayar beban
listrik Membayar beban air Membayar beban
telepon Membayar beban
iklan/promosi |
3 |
Sumber Daya
Manusia/Penggajian |
Merekrut,
memperkerjakan, dan melatih karyawan baru Mengevaluasi
kinerja karyawan Memberhentikan
karyawan Memperbarui
catatan penggajian Mempersiapkan
dan mengeluarkan penggajian Mempersiapkan
laporan karyawan Mengirim
informasi yang sesuai ke siklus lainnya |
4 |
Produksi |
Tidak ada |
5 |
Pembiayaan |
Memprediksi
kebutuhan kas Meminjam uang
dari pemberi pinjaman Menghentikan
utang Mempersiapkan
laporan manajemen Mengirim
informasi yang sesuai ke siklus lainnya |
TUGAS 3 – STRATEGI PERUSAHAAN
Strategi
Perusahaan 1. Penyewa dapat
memesan kamar secara online melalui website, sosial media dan aplikasi agar
memudahkan calon penyewa 2. Pemilik kos
akan memberikan promo khusus bagi penyewa tertentu misalnya untuk pengguna
aplikasi Mamikos dapat memasukkan kode dari penyedia aplikasi untuk
mendapatkan diskon baik unutk pengguna baru maupun pengguna lama 3. Pemilik kos
memberikan laundry gratis, wifi gratis, menyediakan Smart TV, desain kamar
yang bergaya modern agar calon penyewa tertarik 4. Menargetkan
calon penyewa yang berasal dari luar kota atau provinsi dengan cara
memberikan informasi kos disegala platform 5. Memberikan
lahan parkir yang cukup luas yang cukup untuk kurang lebih 20 penyewa |
TUGAS 4 – AKTIVITAS DAN VALUE CHAIN
No. |
Aktivitas Utama |
Rantai Nilai |
1 |
Logistik
Inbound |
Tidak ada |
2 |
Operasi |
Berkaitan
dengan mengelola proses yang mengubah input (dalam bentuk barang) menjadi
output (dalam bentuk jasa) seperti menyiapkan AC, TV, Kulkas di kamar
penyewa. |
3 |
Logistik
Outbond |
Tidak ada |
4 |
Pemasaran dan
Penjualan |
Menjual
layanan sewa dan proses untuk mengkomunikasikan, dan menyampaikan, penawaran yang memiliki nilai
bagi penyewa yang dijalankan di aplikasi, website maupun di media sosial |
5 |
Pelayanan |
Pelayanan
kepada penyewa diantaranya menyediakan laundry gratis, Smart TV, Parkir yang
aman dll |
TUGAS 5 – SIKLUS PENYIMPAAN DATA
No. |
Siklus Penyimpanan |
Rincian |
1 |
Input Data |
Waktu dan
tanggal kesepakatan terjadi, Jenis kamar yang dipesan, Kode kamar, Daftar
harga sewa, foto kamar, fasilitas yang disediakan dan peraturan sewa |
2 |
Penyimpanan |
Melakukan
pegkodean terhadap akun yang berkaitan dengan transaksi penyewaan yang akan
dimasukkan di laporan keuangan. Menyimpan
bukti transaksi ke dalam file Membackup
seluruh data penyimpanan |
3 |
Pengolahan
Data |
Membuat
laporan keuangan dari transaksi sewa yang telah terjadi pada awal periode Membaca bukti
transaksi Memperbarui
data keuangan sebelumnya setiap terjadinya transaksi sampai akhir periode Memperbaiki
data yang salah dan menghapus data yang tidak diperlukan |
4 |
Output
Informasi |
Mencetak laporan
keuangan |
TUGAS 6 – ISTILAH & DEFINISI SIA
No. |
Istilah |
Definisi |
a. |
Siklus pengolahan data |
Langkah-langkah
perusahaan yang harus diikuti untuk mengolah data transaksi secara efektif
dan efisien. (10.) |
b. |
Documen sumber |
Record awal transaksi yang terjadi;
biasanya tercatat dalam formulir pracetak atau layar yang diformat. (23.) |
c. |
Dokumen turnaround |
Data
perusahaan dikirim ke pihak eksternal dan kemudian dikembalikan ke system
sebagai input.(7.) |
d. |
Otomatisasi data sumber |
Perangkat yang
mengambil data transaksi dalam bentuk yang dapat dibaca mesin pada saat dan
tempat asalnya. (16.) |
e. |
Buku besar umum |
Berisi
ringkasan level data untuk setiap akun aktiva, kewajiban, ekuitas,
pendapatan, dan beban.(1.) |
f. |
Buku besar pembantu |
Berisi data mendetail untuk beberapa akun
buku besar dengan banyak sub akun individual. (13.) |
g. |
Akun control |
Akun buku
besaryang berhubungan dengan buku besar pembantu, di mana jumlah dari semua
entri buku besar pembantu harus sama dengan jumlah dalam akun buku besar. (26.) |
h. |
Pengkodean |
Penetapan
sistematis angka atau huruf pada item-item untuk mengklasifikasikan dan
mengaturnya.(21.) |
i. |
Kode urutan |
Item-item yang
diberi nomor secara berurutan untuk semua item, yaitu item yang hilang
menyebabkan perbedaan dalam urutan numerik (2) |
j. |
Kode blok |
Seperangkat angka yang dicadangkan untuk
kategori data spesifik. (25) |
k. |
Kode grup |
Dua atau lebih
subgrup digit yang digunakan untuk mengkodekan item. (19) |
l. |
Kode mnmonik |
Huruf dan
angka berasal, dari deskripsi item, yang diselingi untuk mngidentifikasi
item; biasanya mudah untuk diingat. (22) |
m. |
Bagan akun |
Daftar nomor
akun buku besar; memungkinkan data transaksi dibuatkan kode, diklasifikasi,
dan dimasukkan ke dalam akun yang sesuai; mempermudah persiapan laporan dan
laporan keuangan.(4) |
n. |
Jurnal umum |
Digunakan untuk mencatat transaksi yang
tidak sering atau tidak rutin. (8) |
o. |
Jurnal khusus |
Digunakan untuk mencatat sejumlah besar
transaksi yang berulang. (17) |
p. |
Jejak audit |
Jalur transaksi melalui sistem pengolahan
data dari titik asal hingga output final, atau mundur dari output final, ke
titik asal. (3) |
q. |
Entitas |
Sesuatu
mengenai informasi mana yang disimpan.(11) |
r. |
Atribut |
Karakteristik penting yang perlu disimpan.
(9) |
s. |
Field |
Porsi record data yang berisi nilai data
untuk atribut tertentu seperti sel dalam spreadsheet. (6) |
t. |
Record |
Field yang berisi data mengenai atribut
entitas, seperti baris, dalam spreadsheet.(24) |
u. |
Nilai data |
Konten field spesifik, seperti “George”
dalam field nama. (5) |
v. |
File induk |
Menyimpan informasi kumulatif mengenai
organisasi, seperti buku besar dalam SIA manual.(12) |
w. |
File transaksi |
Seperangkat file yang dikoordinasikan
terpusat yang saling berkaitan.(18) |
x. |
Database |
Berisi record dari transaksi bisnis
individual yang terjadi selama periode waktu tertentu.(14) |
y. |
Pemrosesan batch |
Perbaruan yang
dilakukan secara periodik seperti harian.(20) |
z. |
Pemrosesan online, real-time |
Memeperbarui
setiap transaksi saat terjadinya transaksi. (15) |
TUGAS 7 – SISTEM ERP ( MENGATASI
PERMASALAHAN PADA SAAT SISTEM INI MENGINTEGRASIKAN PERMASALAHAN DALAM
PERUSAHAAN, KAITKAN DENGAN CONTOH OBJEK)
1. Menerapkan sistem pencatatan sederhana untuk
mencatat seluruh transaksi
2, Mengelola arus kas yang keluar dan masuk
3. Mengoptimalkan kinerja penyewaan dengan layanan
customer atau pelanggan yang lebih baik.
4. Mengelola informasi karyawan misalnya penilaian
kinerja, keterampilan, deskripsi pekerjaan, cuti, kehadiran, penggajian dan
lain sebagainya.
TUGAS 1.7
a. Aktivitas komersial yang dilakukan dengan telepon
selular/PC adalah menekuni serta mengembangkan bisnis online sepatu dan
asesoris olahraga yang sudah beroperasi selama 2 tahun terakhir. Melalui
telepon selular saya dengan mudah bisa berkomunikasi baik dengan pihak supplier
(berkaitan dengan pasokan barang), pihak jasa pengiriman, dan konsumen.
Sedangkan melalui PC saya dapat membuat laporan keuangan secara sederhana
berkaitan dengan arus kas, keluar masuknya barang, dan lain-lain, serta membuat
desain untuk mempromosikan barang. Dalam 5 tahun kedepan saya mengharapkan
bisnis online ini dapat tumbuh melalui penciptaan pangsa pasar yang lebih luas
serta produk yang semakin beragam dan berkualitas. Sehingga, bisnis online ini
mampu menghasilkan keuntungan yang semakin bertambah.
b. Bisnis online seiring dengan perkembangan
teknologi seperti World Wide Web dapat menarik konsumen baru melalui pemasaran
dan periklanan Web, memperbaiki pelayanan konsumen yang sudah ada melalui fungsi
pelayanan dan dukungan Web konsumen, mengembangkan saluran pemasaran dan
distribusi berdasarkan Web yang baru untuk produk yang sudah ada, dan
mengembangkan informasi baru dari produk yang dapat diakses lewat Web. Bisnis
online dapat mewujudkan hal tersebut dengan membuat website yang dapat
digunakan untuk memasarkan dan menginformasikan produknya.
c. Permasalahan atau kelemahan dengan menggunakan
perangkat dalam bisnis diantaranya :
1) masalah keamanan dimana teknologi dengan basis
internet tentunya memiliki celah keamanan yang dapat disalahgunakan oleh
pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab;
2) masalah koneksi internet, dimana belum semua
daerah memiliki koneksi internet dengan kualitas yang memadai;
3) masalah kepercayaan, dimana belum semua orang
memiliki kepercayaan untuk membeli produk secara online, selain itu seringnya
terjadi kasus penipuan dalam jual beli secara online turut mempengaruhi masalah
kepercayaan.
TUGAS 1.8
Klasifikasikan setiap item berikut ini ke dalam
siklus pendapatan, pengeluaran, sdm/penggajian, produksi atau pembiayaan !
a. Membeli bahan baku
oSiklus Pengeluaran
b.
Membayar hipotek pabrik
oSiklus Pembiayaan
c. Memperkerjakan asisten kontrolir yang baru
oSiklus SDM
d. Menentukan limit kredit $10.000 untuk pelanggan
baru
oSiklus Pendapatan
e. Membayar bahan baku
oSiklus Pengeluaran
f. Mencairkan cek pembayaran upah untuk pekerja
pabrik
oSiklus SDM
g.
Mencatat barang yang diterima dari vendor
oSiklus Pengeluaran
h. Memperbarui penyisihan piutang tidak tertagih
oSiklus Pengeluaran
i. Memutuskan seberapa banyak unit yang dibuat bulan
depan
oSiklus Produksi
j. Menyelesikan tiket pengembalian untuk pesanan
pelanggan
oSiklus Pendapatan
k. Mencatat kartu jam kerja karyawan pabrik
oSiklus SDM
l. Menjual tiket konser
oSiklus Pendapatan
m. Membuat jalur kredit
oSiklus Pendapatan
n. Mengirim karyawan baru untuk pelatihan etika
bisnis
oSiklus SDM
o. Membayar tagihan
oSiklus Pengeluaran
p. Membayar pajak properti pada bangunan kantor
oSiklus Pengeluaran
q.
Membayar pajak penggajian federal
oSiklus SDM
r.
Menjual pemutar DVD
oSiklus Pendapatan
s. Mengumpulkan pembayaran pada rekening pelanggan
oSiklus Pendapatan
t. Memperoleh pinjaman bank
oSiklus Pembiayaan
u. Membayar komisi penjualan
oSiklus SDM
v. Mengirim pesanan ke vendor
oSiklus Pendapatan
w. Meletakkan barang yang dibeli ke dalam gudang
oSiklus Pendapatan